In beauty 101 full face makeup makeup look

Tips dalam Membuat No Makeup Makeup Look ala Ayu



Haaaiii apa kabar semuanyaa?? Semoga sehat dan bahagia selalu yaaah :)
Hari ini aku mau berbagi tips dalam mengaplikasikan my interpretation of no makeup makeup look yang udah aku cobain sendiri. FYI, tips ini cocok banget dipake untuk foto, untuk kalian yang kulitnya kering, atau untuk kalian yang simply suka aja sama makeup dewy. Aku kurang merekomendasikan tips ini untuk kalian yang kulitnya berminyak kayak aku. Karena biar makeup-nya keliatan kayak kulit asli, aku perlu mencampur 1 tetes Squalane (sejenis minyak), dan aku udah pernah pake adonan ini keluar rumah dan di waktu 6 jam kulitku udah ga ramah buat foto, alias berminyak banget.
Wah, intro-nya kepanjangan. Haha. Langsung aja yah.

Complexion
Complexion merupakan bagian yang paling penting dan paling susah di achieve dalam aplikasi no makeup makeup look. Di foto yang aku lampirkan, aku pake foundation lho! Tapi keliatan kayak kulit aja kan?
1.              Tools.
Tips pertama sekaligus kunci yang paling penting dalam complexion yang skin-like adalah tools-nya. Di foto yang aku lampirkan, aku mengaplikasikan foundation menggunakan flat foundation brush punyanya Real Techniques. Tapi sebenarnya kamu bisa pake kuas merek apapun, yang penting jenisnya flat. Selain pakai flat foundation brush, aku juga menggunakan beauty sponge dari Miniso untuk membaurkan foundation-nya.
Kenapa harus pakai flat foundation brush? Karena kamu mau foundation kamu itu menutup semua imperfection tapi tetap tipis. Pakai beauty sponge juga bikin foundation jadi lebih tipis, tapi juga mengurangi coverage-nya, hasilnya kamu jadi perlu pakai berlapis-lapis. Sementara kalau kamu apply pakai flat foundation brush dulu, kamu ngga akan mengurangi coverage foundation-nya.
Pastikan kamu apply foundation-nya tipis-tipis. Bukan kayak lagi ngecat tembok yah, tapi tipis-tipis. Aku selalu menepuk-nepuk brush-ku yang sudah aku beri foundation ke tangan atau ke mixing palette beberapa kali sampai foundation yang ada di brush-nya tinggal sedikit, baru aku aplikasikan ke kulit. Pastikan juga kamu aplikasikan di 1 area sampai rata, lalu langsung kamu tepuk-tepuk pakai beauty sponge lembab. Karena biasanya flat brush meninggalkan bekas garis-garis di kulit. Dan kalau kamu tunggu sampai seluruh wajah ter-cover foundation baru kamu ratakan pakai beauty sponge, nanti foundation-nya terlanjur kering dan susah diratakan.
Lalu ulangi semua langkah ini sampai seluruh wajah tertutup foundation. Kalau kamu ngerasa masih butuh coverage lebih, kamu bisa ulangi semua langkah tadi di bagian yang mau kamu tutupi. Tapi, prinsipku semakin tipis akan semakin terlihat seperti kulit. Jadi, hati-hati yah :)
2.              “Adonan” Foundation
Tips kedua dan ngga kalah penting adalah adonan foundation yang kamu pakai. Biasanya, kita sulit menemukan warna foundation yang sangat sesuai dengan warna kulit asli kita. Nah, untuk mencapai warna foundation yang sangat dekat dengan warna kulit asli kamu, kamu bisa mencampur beberapa warna foundation yang kamu punya sampai kamu rasa sudah paling mendekati warna asli kulit kamu. Semakin dekat warna foundation-nya dengan warna kulit asli kamu, semakin bagus hasilnya karena semakin meyakinkan kalau itu seperti kulit asli, padahal bukan. Hihi.
Selain itu, pastikan jenis foundation kamu pakai bukan foundation matte. Kulit asli, apalagi yang sehat, pasti akan cenderung lebih dewy-dewy-basah gitu. Jadi, kalau kamu pakai foundation yang matte, kamu bisa campurkan adonan foundation kamu dengan 1 tetes face oil kesayangan kamu. Jangan banyak-banyak yah, karena face oil itu bikin adonan foundation jadi lebih cair. Kalau kebanyakan nanti coverage-nya juga berkurang. Nah karena tips inilah aku kurang menyarankan cara ini dipakai untuk kamu yang berkulit oily. Karena aku takut lama kelamaan kulit kamu akan terlihat terlalu berminyak.
3.              Serba cair atau krim
Tips ketiga adalah penggunaan blush, bronzer, highlighter dan contour berbentuk cream atau cair. Aku sih ngga menyarankan kamu untuk contour kalau mau no makeup makeup look yang terlihat real. Karena contour akan membuat wajah terlihat lebih fake dari wajah tanpa makeup. Kalau kamu tetap mau contour wajah, pastikan kamu baur dengan baik biar ngga keliatan ada batas antara bagian yang di-contour dengan yang engga.
Di foto yang aku lampirkan, aku ngga pakai blush dan bronzer liquid/cream, tapi aku pakai lip coat dari BLP yang shade Mapple Waffle. Warnanya yang cokelat agak peach tapi agak mauve juga cocok buat jadi pengganti bronzer sekaligus blush, jadi aku pakai untuk keduanya. Aku juga ngga pakai highlighter, tapi kalo kamu mau pakai highlighter, pastikan kamu pakai yang berbentuk cream dan di blend dengan baik ya. Pilih juga highlighter yang subtle biar ngga terlalu keliatan fake. Kalau kamu ngga punya blush/bronzer/highlighter berbentuk krim, kamu bisa akalin dengan cara yang agak sadis tapi ampuh. Caranya kamu gerus blush/bronzer/highlighter kamu sedikit lalu campur dengan foundation. Selanjutnya adonan blush/bronzer/highlighter+foundation itu kamu tepuk-tepuk ke kulit. Pakai tangan aja biar panas tangan kamu ngebantu produknya nge-blend ke kulit kamu.
Oh iya, kalau kamu mau pakai concealer untuk bawah mata atau bagian-bagian yang mau kamu conceal, pastikan kamu juga membaurkan concealer-nya dengan jari yah. Biar (lagi-lagi) panas tangan kamu membantu produknya untuk terbaur dengan baik.
4.              Hindari penggunaan bedak berlebihan
Again, seperti yang sebelumnya aku jelaskan, kulit asli yang sehat akan terlihat dewy-dewy-basah. Jadi pastikan kamu meminimalisir penggunaan bedak, bahkan akan lebih bagus kalau tanpa bedak sama sekali. Kalau terpaksa menggunakan bedak, pastikan kamu pakai tipis aja. Semakin banyak bedak yang kamu pakai, semakin besar kemungkinannya complexion kamu akan terlihat dempul. Kalau aku, caranya adalah pakai brush yang ngga terlalu rapat bulunya, jadi produk yang diambil juga lebih sedikit. Dan cara mengaplikasikannya adalah dengan digeser-geser pelan-pelan ke kulit. Jangan pakai tekanan sama sekali dan usahakan hanya ujung-ujung kuas yang menempel ke kulit.
Kamu juga bisa menyemprotkan setting spray setelah menggunakan bedak agar bedak yang sudah kamu aplikasikan lebih terlihat menyatu dengan kulit.

Eye Makeup
5.              Alis natural
Hindari penggunaan brow pomade untuk no makeup makeup look. Aku pribadi ngga terlalu jago pakai brow pomade untuk alis natural. Jadi aku prefer untuk pakai pensil alis. Aku ngga bingkai alisku, tapi aku langsung meniru garis-garis alis dan mengisinya di bagian-bagian yang kosong. Dan aku pastikan alisnya terbaur dengan sempurna dengan cara menyikat alisnya berkali-kali. Jangan khawatir kalau alisnya sedikit berantakan. Karena alis yang natural memang sedikit berantakan kan?
6.              Warna eyeshadow natural
Di foto yang aku lampirkan, aku kembali menggunakan lip coat dari BLP sebagai warna mata. Aku aplikasikan hanya dengan jari dan baur sampai terlihat natural. Kamu juga bisa pakai bronzer di bagian kelopak mata biar mata kamu lebih terdefinisi.
7.              Maskara setipis mungkin
Ini krusial sih. Kamu harus pastikan mata kamu “bangun” tapi ngga keliatan fake. Kamu harus jepit bulu mata kamu dan pakai maskara setipis mungkin. Yang penting bulu mata kamu naik dan terlihat. Pastikan juga bulu mata kamu ngga menggumpal dan terlihat terpisah-pisah. Seolah-olah kamu abis cuci muka dan bulu mata kamu masih basah gitu. Hihi.

Lipstick
8.              Nah, ini juga penting. Kamu harus pilih warna lipstick yang natural. Cara aplikasinya juga penting. Menurutku, cara paling baik adalah dengan di tepuk-tepuk di bibir biar produk yang nempel tipis-tipis aja. Habis itu, kalau kamu mau, kamu bisa tambah lip gloss tanpa shimmer di bibir kamu biar keliatan lebih sehat. Tapi jangan berlebihan yah. Di foto yang aku lampirkan, menurutku lip gloss-nya masih agak berlebihan nih.
9.              Be confident!
Ini tips paling utama. Untuk bisa percaya diri dengan makeup tipis dan ngga keliatan pakai makeup adalah kita harus yakin dengan apa yang Tuhan kasih untuk kita. Kalau kita percaya diri, ngga pakai makeup pun kita ngga akan malu :)
Segitu dulu tips dari aku. Semoga membantu kamu yang lagi butuh tips untuk no makeup makeup look yah. Later!


Related Articles

0 komentar:

Post a Comment